Tes CPNSD Muratara Melalui LPMP - Linggau Pos | Jawa Pos Group
Berita Terbaru :
Home » » Tes CPNSD Muratara Melalui LPMP

Tes CPNSD Muratara Melalui LPMP

Diterbitkan Oleh Tribun Linggau pada Rabu, 08 Oktober 2014 | 05.42


*Dinilai Tidak Siap Secara Mandiri

PALEMBANG - Pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT) CPNSD khusus formasi kementerian masih berjalan sesuai jadwal hingga kini di masing-masing Kantor BKN Regional VII. Khusus untuk tiga kabupaten di Provinsi Sumsel akan melaksanakan tes CPNSD melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Ketentuan ini sesuai dengan Keputusan Kemendagri Nomor 717 Tahun 2014 yang menegaskan ada tiga daerah di Sumsel yang harus menjalankan tes CAT CPNSD melalui LPMP yakni PALI, Muratara, dan OKU Selatan.

Kepala BKN Divre VII Sumatera, Pramono Widyo Utomo kepada wartawan menyatakan jika tiga LPMP tidak bisa melaksanakan tes CAT, maka akan memengaruhi jadwal seleksi CPNSD di BKN Kantor Regional (Kanreg). Sebab jika seleksi di tingkat daerah tidak terlaksana maka tes akan diambil alih oleh BKN Kanreg.

Untuk Selasa (7/10) dijadwalkan digelar tes CPNSD untuk Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) yang pelaksanaannya dipusatkan di BKN Kantor Regional (Kanreg) Jakabaring.

"Jadwal seleksi CAT formasi daerah itu sudah final jadi daerah harus siap melaksanakan seleksi. Tapi sepertinya ada yang mengajukan keberatan dan masih akan kita lihat lagi bagaimana nanti," kata Pramono Widyo Utomo.

Menanggapi hal itu, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Muratara, H Moh Isa Sigit mengatakan penerimaan CPNSD untuk Kabupaten Muratara tetap berjalan, dan sesuai dengan jadwal telah ditentukan.

"Penerimaan CPNSD tetap berjalan sesuai jadwal, hanya saja terdapat beberapa pelamar tidak lulus administrasi sesuai dengan jadwal telah ditentukan," kata Isa Sigit  kepada Linggau Pos, Selasa (7/10).

Mantan Kadinsos Kabupaten Musi Rawas menjelaskan, terdapat beberapa pelamar yang tidak lulus administrasi, karena persyaratannya tidak lengkap.

"Ada beberapa persyaratan dalam penerimaan CPNSD. Diantaranya fotokopi KTP dan KK harus dilegalisir. Apabila tidak dilegalisir maka berkas akan kita kembalikan kepada pelamar bersangkutan dan untuk perbaikannya, kita tunggu sampai 3 Oktober 2014. Namun bagi mereka yang telah melewati batas waktu ini maka berkasnya tidak bisa kita terima lagi sesuai dengan instruksi KemenPAN-RB," jelas Isa Sigit.

Ia menjelaskan untuk pembagian nomor peserta CPNSD yang melamar di Kabupaten Muratara akan segera dibagikan.

"Insya Allah nomor peserta CPNSD akan kita bagikan dalam bulan ini," tambah Isa Sigit. 


*Utusan Pemkab Muratara Konsultasi ke BKD Lubuklinggau

    Sementara itu, Sekretaris Bagian Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Lubuklinggau, H Purnomo mengaku memang ada sedikitnya 40 Kabupaten/Kota se-Indonesia batal menyelenggarakan penerimaan CPNSD tahun 2014. Namun tidak termasuk Kabupaten Muratara.

    “Tidak! Kabupaten Muratara tetap akan diselenggarakan tes CPNSD. Pasalnya beberapa waktu lalu, ada utusan dari BKD Kabupaten Muratara berkonsultasi untuk mengadakan tes CPNSD menggunakan sistem CAT di Kota Lubuklinggau, atas perintah dan persetujuan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) regional VII. Kami BKD Kota Lubuklinggau mengarahkan mereka untuk membuat permohonan terlebih dahulu ke Walikota Lubuklinggau,” jelas Purnomo, kemarin pada Linggau Pos.

    Disinggung tahapan CPNSD Kota Lubuklinggau, Purnomo menegaskan BKD Kota Lubuklinggau telah mengirim nomor peserta tes sebanyak 1.956.

“Total nomor yang kami kirim sebanyak 1.956, dan sebagian peserta saat ini sudah menerima nomornya masing-masing,” ungkap mantan Sekretaris Disdik Kota Lubuklinggau ini.

    Sedangkan untuk penjadwalan tes, H. Purnomo mengaku hingga saat ini belum ada informasi lanjutan dari KemenPAN-RB dan BKN. Namun ia dapat memastikan bahwa tes CAT akan diselenggarakan pada akhir Oktober.

    “Mungkin tanggal 20 Oktober ke atas, saat ini kita juga masih menunggu informasi lanjutan. Kalau masalah mekanisme, tempat, server dan teknis tes CAT kita (BKD Kota Lubuklinggau,red) siap,” tambah Purnomo. 

    Nomor peserta dikirim BKD Kota Lubuklinggau, hanya mencantumkan nomor serta lokasi tes, belum ada jadwal. Purnomo menegaskan, jika instruksi dari KemenPAN-RB sudah didapat, maka akan langsung dipublikasikan lewat media.

    “Melihat banyaknya peserta yaitu mencapai 1.956, maka tes ini akan berlangsung selama 4-5 hari. Untuk jadwal dan mekanismenya akan kami publikasikan ke media masa,” tegasnya.

*BKPP Musi Rawas Tunggu Info dari BKN Regional

    Di lain tempat, Kepala BKPP Kabupaten Musi Rawas, Badaruddin melalui Kabid Pengadaan dan Penempatan Pegawai, Andjar Sudarisman mengatakan pihaknya masih menunggu informasi dari BKN Regional VII Palembang.

"Namun diperkirakan akan dilaksanakan pada 27 September 2014," kata Andjar Sudarisman, kemarin.

    Andjar menjelaskan, saat ini kami berada di BKN Regional Palembang, dan BKN pun masih menunggu keputusan dari BKN Regional Pusat mengenai kapan jadwal tes CPNSD. Mengenai persiapan tes lebih ke BKN Regional VII Palembang, namun BKPP Musi Rawas akan membantu mengenai pemberkasan tes tersebut. Dan diharapkan para pencari kerja yang akan mengikuti tes CPNSD bersabar menunggu jadwal tes.(01/07/02)
Share this article :

0 komentar:

Tulis komentar anda

Tell us what you're thinking... !

Sedang Membaca

PEMBACA SETIA

 
Linggau Pos Jl. Jend. SudirmanNo. 89Kel. Batu Urip Taba
Kontak Person (0733) 322349
Copyright © 2013. Linggau Pos | Jawa Pos Group | Media Online Wong Sumatera
Hak Cipta MurahNian Oleh : Edi Design